Resep Nasi Kuning Yang Penuh Dengan Gizi

Nasi kuning atau tumpeng biasanya disediakan pada saat sedang ada acara besar seperti syukuran. Tumpeng merupakan makanan yang terbuat dari nasi kuning dan dibentuk kerucut, kemudian dilengkapi dengan berbagai lauk sebagai hiasan sekaligus teman untuk memakannya. Nasi kuning merupakan warisan budaya kuliner sepanjang masa di indonesia, resep nasi kuning terbilang cukup mudah dan proses pembuatannya tidak memakan waktu yang lama.

Resep Nasi Kuning spesial yang lezat

Sebelum ke proses pembuatan, saya akan sedikit berdongeng mengenai nasi kuning ini. Dalam tradisi indonesia warna nasi kuning melambangkan gunung emas yang bermakna kejayaan, kemakmuran, serta moral yang luhur. Oleh sebab itu, nasi kuning sering disajikan pada peristiwa syukuran dan peristiwa-peristiwa gembira seperti kelahiran, pernikahan, dan tunangan. Dalam tradisi bali, warna kuning melambangkan salah satu dari empat warna keramat yang ada, disamping putih, merah dan hitam. Oleh karena itu, di bali nasi kuning sering dijadikan sesajian pada upacara kuningan.

Baca juga resep ayam goreng kremes yang enak

Resep nasi kuning gurih

Berikut bahan-bahannya,
  • memarkan 4 batang serai
  • daun salam 4 lembar
  • daun jeruk purut 6 lembar
  • air kunyit 4 sendok makan, yang dibuat dari 2 sendok makan kunyit parut dilarutkan dalam 4 sendok makan air hangat, kemudian disaring.
  • air jeruk nipis 2 sendok makan
  • beras 2 kilogram
  • santan 3 liter
  • daun pandan 4 lembar
  • garam 2 sendok teh

Cara membuat Nasi Kuning

  1. Langkah awal yang anda lakukan untuk mencoba resep nasi kuning adalah mencuci beras hingga bersih, setelah itu tiriskan.
  2. Beras yang sudah dicuci tadi dikukus dalam dandang yang panas, kira-kira 30 menit, selanjutnya jika sudah 30 menit angkatlah dan pindahkan ke panci.
  3. Kemudian rebuslah bahan-bahan lainnya seperti santan, serai, daun salam, air kunyit, daun jeruk purut, daun pandan, dan juga garam hingga mendidih. Setelah mendidih angkat dan tiriskan.
  4. Tuanglah rebusan bahan-bahan tadi ke panci yang mengandung berasnya tadi. Lalu aduk-aduklah hingga merata dan sampai santannya habis terhisab oleh beras.
  5. Percikkanlah air jeruk nipis, setelah itu aduk hingga tercampur rata.
  6. Dan langkah terakhir kukus kembali ke dandang yang panas kurang lebih selama 30 menit hingga matang. Setelah matang angkatlah.
  7. Sajikanlah selagi masih hangat bersama dengan lauk sesuai selera. Nikmati bersama keluarga anda.

Kandungan gizi nasi kuning

Semoga resep nasi kuning di atas bermanfaat bagi anda. Selanjutnya saya akan share mengenai kandungan gizi pada nasi kuning. Kita simak tadi bahwa cara membuat nasi kuning melalui tahap pengukusan dengan santan setelah pengukusan nasi setengah matang. Santan yang digunakan juga bukan hanya santan biasa, namun yang sudah dibumbui dengan garam, serai, daun salam, air kunyit, jeruk purut, dan daun pandan. Kandungan gizi pada olahan nasi ini baik untuk dikonsumsi. Nasi tersebut mempunyai kandungan energi yang cukup banyak, yaitu sekitar 971 kj dan 232 kkal. Anda akan mempunyai banyak energi jika mengkonsumsi olahan nasi tersebut.

Simak Juga artikel resep nasi uduk khas betawi yang asli

Selain itu, nasi kuning ini mengandung karbohidrat sebesar sebanyak 28 gram dan protein sebanyak 3 gram. Dan ada sedikit kandungan lemak di dalamnya yaitu sekitar 12 gram dalam olahan nasi ini, tetapi tenang saja kandungan lemak tersebut bukan lemak jenuh. Nasi kuning tersebut juga tidak memiliki kandungan kolesterol, sehingga sangat aman untuk dikonsumsi. Semua kandungan gizi yang ada pada nasi kuning ini cukup baik dan cukup bisa membantu anda jika sedang melaksanakan program diet. Demikianlah pemaparan mengenai nasi kuning khususnya resep nasi kuning dan cara memasaknya, semoga yang disajikan artikel dalam situs ideresepmasakanku ini dapat bermanfaat.

Resep Nasi Kuning Yang Penuh Dengan Gizi Rating: 4.5 Diposkan Oleh: efi mayla

0 komentar:

Posting Komentar