Resep Kue Pukis Sederhana Khas Banyumas

Resep Kue Pukis Khas Banyumas - Berbicara mengenai macam-macam kuliner memang tak akan ada habisnya, khususnya di negara kita sendiri negara Indonesia. Indonesia merupakan salah satu negara yang kaya akan berbagai jenis kuliner karena di setiap daerah yang ada di Indonesia dari sabang sampai merauke, setidaknya memiliki 3 jenis kuliner khas daerah tersebut. Tak hanya jenis makanan berat, makanan ringan seperti aneka kue dan jajanan tradisional pun tak kalah banyaknya. Sebut saja kue lumpur, kue pukis, kue pancong, kue cubit dan lainnya. Aneka kue basah ini sangat digemari dan banyak disukai orang terutama anak-anak karena rasanya yang tak kalah lezat dengan kue-kue mahal yang hanya ada di toko-toko besar. Nah kali ini www.ideresepmasakanku.com akan berbagi salah satu resep kue tradisional khas Banyumas yaitu kue pukis.

Resep Kue pukis khas banyumas

Kue pukis merupakan salah satu jenis kue basah yang sering kita temui di pasar-pasar tradisional. Teksturnya yang lembut dengan pilihan berbagai rasa yang tentunya manis membuat kue pukis selalu laris manis dijual. Kue pukis sendiri merupakan kue tradisional khas Banyumas yang kini telah banyak ditemukan di berbagai daerah di Indonesia dan terkenal dengan kelezatannya. Meskipun bisa anda dapatkan dengan mudah di pasar, akan tetapi membuatnya sendiri akan terasa lebih enak karena bisa anda kreasikan dengan tambahan-tambahan lain sebagai pelengkap. Apalagi cara membuat kue pukis ini sangat sederhana dan mudah. Untuk itu, simak resep kue pukis sederhana berikut ini.

Bahan untuk Membuat Kue Pukis

  • 300 gram tepung terigu berprotein tinggi
  • 200 gram gula pasir
  • 300 ml santan kelapa
  • 1 sendok makan ragi instan
  • 5 butir telur ayam
  • 100 ml air hangat
  • Topping atau hiasan kue. Seperti meises, coklat butir, parutan keju, selai buah (sesuai selera), kacang sangrai dan lain sebagainya.
  • Margarin atau minyak goreng secukupnya 

Cara Membuat Kue Pukis yang Enak dan Lezat

Cara membuat kue pukis itu sangat mudah dan sederhana sekali. Simak langkah-langkahnya berikut ini.
  1. Siapkan panci dan masukkan santan kelapa yang telah dipersiapkan tadi. Rebus santan diatas api kecil, aduk-aduk terus dan jangan berhenti sebelum santan mendidih.
  2. Kemudian masukkan air dan ragi dalam satu wadah kecil lalu aduk hingga kedua bahan tersebut tercampur dengan rata.
  3. Setelah itu, masukkan semua telur ayam ke dalam wadah lain. Tambahkan gula pasir dan aduk atau kocok hingga rata.
  4. Sambil terus diaduk, masukkan tepung terigu sedikit demi sedikit hingga seluruh tepung tercampur sempurna. Anda bisa mengaduknya dengan spatula atau mengocoknya dengan menggunakan mixer agar lebih mudah.
  5. Selanjutnya, masukkan campuran air dan ragi tadi ke dalam adonan tepung sambil terus diaduk. Kemudian santan juga dimasukkan ke dalam adonan tanpa menghentikan proses pengadukan. Pastikan seluruh adonan menyatu dan tercampur dengan baik.
  6. Diamkan adonan selama kurang lebih 15-20 menit sampai adonan menjadi mengembang
  7. Setelah itu, siapkan cetakan kue pukis atau anda juga bisa menggunakan cetakan kue lainnya dan olesi dengan margarin atau minyak secukupya. Letakkan diatas api kecil.
  8. Tuangkan adonan ke dalam cetakan sebanyak ¾ cetakan atau lebih sedikit. yang terpenting adonan tidak sampai penuh dalam cetakan.
  9. Setelah agak matang, taburkan topping diatasnya dan tunggu sampai benar-benar matang.
  10. Angkat dan sajikan.
  11. Resep kue pukis sederhana telah selesai anda praktekkan.
Sekian resep kue pukis sederhana khas Banyumas yang sangat mudah untuk anda praktekkan di rumah. Untuk menambah selera, anda bisa menggunakan selai buah kesukaan keluarga anda. selamat mencoba

Resep Kue Pukis Sederhana Khas Banyumas Rating: 4.5 Diposkan Oleh: efi mayla

0 komentar:

Posting Komentar